Permainan Lapak Kaki Kampung Mendunia

Gambar 1

“Sudah, tak usah pinjam-pinjam merepotkan dirimu untuk mengembalikan. Cetak sendiri dan murah sehingga bisa dipakai kapan dan dimanapun memainkannya. Kalau tak ada, ini untukmu”. Begitulah percakapan saya pada seseorang setelah mereka tahu permainan ini. Tak repot dan bebas kepada siapa saja yang ingin memanfaatkannya untuk kebahagian orang lain.

Unduh file-file gambar permainan Lapak Kaki ini dengan gratis dan sesuka Anda. Saya dapatkan pengembangan ide secara gratis maka gratis pula file ini dibagikan. Semakin banyak yang gunakan, semakin mendunia permainan lapak kaki di kampung-kampung Indonesia. Permainan disesuaikan dari sumber aslinya dengan memodifikasi beberapa bagian. Pola-pola yang saya buat ini berdasarkan eksperimen saya bersama anak-anak di rumah. Beberapa kali diujicobakan untuk ketepatan kaki dan tangan untuk melangkah setiap barisnya untuk mengurangi cidera saat bermain.

Gambar 2

Permainan gambar 1 memfokuskan kepada kecerdasan nalar dan fisik pemainnya karena pola tapak kaki dan tangan kiri-kanan. Gambar 2 dimainkan dengan pola tapak kaki kanan dan kiri. Pola dibentuk dari sederhana sampai pada yang sulit karena ada proses penyilangan. Selain itu, setiap kotak-kotaknya yang dilalui ada kata-kata menggunakan bahasa Indonesia, Jawa dan Bahasa Inggris. Disini anak-anak diedukasi untuk memahami bahasa Resmi, Ibu, Internasional sehingga ada nilai-nilai edukasi kearifan lokal.

Awal desain ukuran asli gambar ini Gambar 1 (210 x 300 cm) dan Gambar 2 (150 x 300 cm) namun bagi anak-anak dibawah 10 tahun agar bisa bermain maka cetaknya bisa diubah Gambar 1 (140 x 200 cm) dan Gambar 2 (100 x 200 cm). Semua bisa disesuaikan saat pencetakan. Ingin mencetak kedua permainan di percetakan spanduk. Harga berbeda setiap daerah lokasi percetakan dan jenis bahannya. Perkiraan harga Rp 90.000 sd. Rp 150.000,-. Gambar 1 (210 x 300 cm) dan Gambar 2 (150 x 300 cm).

Permainan ini sudah beberapa kali naik cetak karena permintaan banyak. Sudah dibagikan ke beberapa Rumah Tahfidz Al Qur’an, TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an), TK (Taman Kanak-kanak), SD (Sekolah Dasar), TBM (Taman Baca Masyarakat) dan beberapa komunitas yang digerakan oleh relawan. Melalui permainanan edukasi ini, anak-anak bisa bermain untuk memperkuat daya nalar dan fisiknya. Beberapa produk yang dibagikan secara gratis dari program Kita Berbagi. Dana pencetakan berasal dari donasi yang dikelola oleh Omah Dondong.

Permainan bisa dilakukan di dalam dan luar ruangan sehingga lebih fleksibel. Bagaimana permainannnya, itu diserahkan kepada pemandu permainannya, apakah bersifat kompetitif atau kolaboratif. Sehingga permainan lebih variatif dan mendunia di kalangan anak-anak khususnya di berbagai kampung. Program ini bertujuan untuk menjadikan Kampung Mendunia diberbagai lokasi.

Terima kasih kepada donatur dan relawan komunitas, guru dan berbagai pimpinan lembaga yang sudah bermitra dan berkolaborasi dengan kami mewujudkan anak-anak cerdas, sehat dan bahagaia. Aaamiin.

Syukurilah hidup, karena hidup memberimu kesempatan untuk mencintai, bekerja, bermain dan memandang bintang-bintang.

Henry Van Dyke (Penulis dan guru sekolah dari Amerika Serikat 1852-1933)

Leave a Reply