Proyeksi Peta dengan Polyhedral Jadi Pembelajaran Geografi Bisa Seru

Mengajarkan peta itu sangat menyenangkan. Dibutuhkan kompetensi keterampilan untuk membuat peta nantinya di akhir pembelajaran sesuai tema masing-masing.Materi peta ada di kelas X.

Pada bagian proyeksi peta beberapa guru banyak gunakan berbagai media untuk memfasilitasi siswa untuk bisa memahami makna dari proyeksi. Proyeksi dilakukan untuk menghindari distorsi suatu wilayah dipermukaan bumi dari biang bulat ke bidang datar. Seorang guru bisa melakukan simulasi buah jeruk yang dibuka bagian kulitnya dengan memotong sesuai pola tertentu.

Guru lain, bisa gunakan bola plastik yang potong sesuai pola untuk diubah bidang datar. Semuanya bisa dilakukan sehingga siswa bisa memahami materi proyeksi peta ini. Nah, untuk guru lain yang ingin melakukan pembelajaran peta pada mata pelajaran geografi, dapat melakukan dengan media polyhedral. Membutuhkan ketekunan, kesabaran untuk membuatnya dengan berbagai persiapan. Pola-pola proyeksi dicetak berwarna dengan mesin cetak (printer) untuk kertas HVS ukuran A4. Jika memungkinkan, bisa dicetak kertas HVS ukuran 80/100 gram sehingga lebih kokoh.

Langkah-langkah bagi siswa untuk membuat proyeksi peta ini.

  • Cetak file pdf versi warna yang sesuai
  • Persiapkan alat potong (gunting/pisau cutter), lem jenis FOX atau steak, jarum jahit dan benang jahit/nilon, heckter.
  • Polyhedral dipotong dengan gunting/pisau cutter dengan mengikuti pola garis hitam dibeberapa sisi
  • Sebelum merekatkan dengan jenis lem, jika ingin karyanya digantung di ruang kelas, sebaiknya benang 50-100 cm yang sudah terkait dengan jarum ditusukan dari bagian putih sekitar kutub utara (Samudera Artik).
  • Lipatlah polyhedral secara perlahan perbagian yang terdekat dan ditekan sesuai pola sebelum direkatkan dengan lem
  • Setelah sesuai semua bagian rekat putih terhubung selanjutnya, letakan lem secekupnya kebagian yang akan direkatkan. Perlahan direkatkan sampai ke semua sisi.
  • Setelah selesai direkatkan antar bagian, rapikan perlahan agar terlihat rapi
  • Gantung hasilnya di ruang kelas dengan gunakan heckter dibagian atas dengan menyusun meja/bangku kelas secara perlahan
  • Kemeriahan kelas akan semakin indah dengan produk-produk geografi hasil pembelajaran geografi

Tujuannya pembelajaran ini, untuk mencapai kompetensi peta dan meningkatkan kreativitas di ruang kelas. Pembelajaran geografi akan bisa seru, bermakna dan menyenangkan. Silakan klik tautan dibawah ini untuk mengunduh file-file polyhderal sesuai kebutuhan.

Pilihan variasi dan warna polyhedral beragam sesuai kebutuhan saja. Silakan unduh bebas dan membagikan kepada yang lainnya.

27 Comments

  1. belajar mengenai konsep geografi sangat la rumit tapi kalau kita mudah memahami nya pasti akan mudah bagi kita

Leave a Reply