Modul Geografi Karya Guru Hebat

Untuk berkomunikasi secara efektif, kita harus menyadari bahwa kita semua berbeda dalam cara kita memandang dunia dan menggunakan pemahaman ini sebagai panduan untuk komunikasi kita dengan orang lain.

Anthony Robbins (Penulis dan Motivator mendunia)

Guru geografi hebat dan inspiratif itu terus berkarya. Diamnya itu berpikir untuk mengoptimalkan ide-idenya agar bisa dituangkan dalam bentuk tulisan. Begitulah modul disusun oleh mereka yang diundang pihak Direkrotat SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Berhari-hari mereka bekerja untuk pegangan guru geografi di Indonesia. Mereka tak banyak bicara tapi aksi nyata bisa dinikmati bersama.

Saya menuliskan ini karena melihat langsung apa yang sedang mereka kerjakan. Saya tertegun dari dedikasi, integritas, kerja keras, cerdas dan ikhlas dari mereka semua. Siang dan malam, berkorban untuk kemajuan guru Indonesia agar bisa segera diimplementasikan pada peserta didik. Modul disusun di lokasi kegiatan dan di rumah mereka masing-masing. Jika melihat kerja mereka, yakin Anda hanya bisa tertegun dan bertepuk tangan untuk mereka. Kelihaian dalam menata ide dalam kata-kata. Mereka mengetik sembari berpikir, bagaimana ini bisa tepat dan layak untuk digunakan. Membuat karya terbaik untuk negeri ini tak mudah tapi mereka berusaha agar mudah diterapkan.

Modul yang disusun kemudian diuji keterbacaan kemudian direvisi dan difinalkan. Ada proses yang panjang sehingga menghasilkan karya ini. Waktu dan energi dikerahkan dalam diri mereka agar semua bahagia. Merasakan dan bisa menikmatinya. Nama-nama mereka tertulis di modul tersebut. Semoga apa yang dikerjakan mereka menjadi berkah bagi kita semua.

Rano Karno pemeran Si Doel
Film Betawi namun tidak yang jadul
Guru geografi berkarya dengan modul
Unduh dan galakan tanam hutan gundul  

16 Comments

  1. Sangat menginspirasi Waketum ini memang…selalu ada ide menulis sesuatu dari sudut pandang yg satu… sehingga orang tau…segala hasil karya butuh “proses” dan proses itulah yg Membuat sebuah karya menjadi “Mahal”…
    Sukses terus terutama Laskar Pendidikan yg selalu mendidikasikan diri… terutama Tim penyusun Modul…

    Salam Kemanfaatan

  2. teimakasih daun keladi
    kapan-kapan bagi lagi…..
    hahahahah

    sungguh menginspirasi…

    siang sing minum yogud
    you’re veryyy guuuddd
    ckckckcck

  3. I always exited with your creates Mr. Sofyanto. Somebodies be the actors and be the readers.

    Keep going for your steps Mr. Two tumbs on You!!!

  4. maturnuwun…sudah menyimpankan di blog keren ini..Sangat bermanfaat buat saya yang masih belajar pak

Leave a Reply