Tim sepakbola menjalani sebuah kompetisi membutuhkan banyak sponsor menjalani sebuah kompetisi. Sponsor tunggal dan utama dapat memberikan sumber dana sebagaian besar operasional, mulai membayar kontrak pemain, pelatih, manajer, pembinaan usia dini bahkan pengelolaan sebuah stadion. Sponsor tambahan menjadi bagian komponen lain yang butuh sinergi dan kolaborasi.

Barcelona FC pernah menggunakan Unicef sebagai sponsornya. Meletakan logo Unicef di seragam tim dibagian dada dan tampak jelas jika pemain mengenakannya saat pertandingan. Beberapa tahun, kemudian berganti dengan Qatar Airways sampai saat ini dengan sponsor Rakuten. Manchester City dengan melakukan hatrik Juara Liga Inggris di 2022-2023 ini dengan Etihad Airways karena klub dimiliki oleh Pebinis asal Jajirah Arab. Manchester United dengan puluhan juta fans di seluruh dunia menggunakan logo Team Viewer sebagai sponsor tim. Tottenham Hospur punya sponsor asuransi AIA yang jelas terpampang di seragam (jersey) setiap mereka bermain.
Ac Milan dan Real Mardid seragamnya tertampang Emirates Fly Better sebagai sponsor tim dengan jutaan pengemar berbagai negara. Arsenal dengan julukan Meriam London dan terpleset diakhir kompetisi karena tak menjadi juara kompetisi Liga Inggris 2022-2023 menggunakan Fly Emirates. Juventus gunakan sponsor produsen mobil Jeep untuk berkompetisi beberapa tahun ini. Liverpool FC gunakan Standard Chartered. Buyer Munchen gunakan Deutsche Telekom (T-Mobil) yang tertera jelas diseragam tim yang pernah meraih Juara Liga Champions dan Liga Jerman.
Tim sepakbola di papan tengah dan bawah di sebuah kompetisi Liga Inggris, Prancis, Jerman, Spansol dan beberapa negara lainnya, mengandalkan sponsor perusahaan bir bahkan rumah judi. Regulasi di Indonesia melarang penggunaan sponsor merk dagang rokok, miras dan judi. Setiap negara punya aturan sendiri urusaan sponsor olahraga.
Persija Jakarta pernah melatakan logo Amman di seragam khas orangenya. Persib Bandung banyak mitra sponsor, mulai dari Indofood, mobil, Aladin, Permata Bank. Letaknya mulai dari dada, punggung, lengan dan bertabur sponsor memenuhi seragam biru tim. Sebagai tim baru di Liga 1 BRI, Rans Nusantara begitu banyak sponsor diantaranya Kopiko Lucky Day, Tokopedia, Sicepat dan lain-lain. Klub sepakbola yang dimiliki Rafi Ahmad dan beberapa koleganya tak perlu orang diragukan untuk mudahnya menggait sponsor berbagai pihak.
PSMS Medan yang statusnya naik turun kasta, sponsor yang pergi dan datang sangat beragam. Pelindo, Bank Sumut sampai merk dagang Indomei pernah mensponsori tim Ayam Kinantan. PSM Makasar sebagai kampium Liga 1 BRI Indonesia 2022-2023 di seragam tim tercetak jelas ada Bosowa Semen, Honda, Kalla Grup dan Kuku Bima.
Tim sepakbolah Ex Libel’s 2008 yang terbentuk dari alumni tamatan 2011 SMAN 15 Medan, sponsonsornya juga beragam dan khas. Sponsor di seragam tim futsal dan sepakbola ini berasal dari beberapa alumni yang bekerja dan menjadi pebisnis milenial. Seorang alumni punya kedudukan di Aroma Bakery & Cake Shop meletakan logo usaha milik bosnya. UD. Hasna’s Grosiran Baju Muslim Wanita Pusat Pasar Sambu dengan 5 ruko juga tak ketinggalan memberikan kontribusinya.

Alumni membuat brand dagang burgernya Hijrah Burger juga berpartisipasi di seragam bersama. Niken Ponsel dimiliki Prastyo yang juga pengusaha pembersihan sarang burung walet ini menjadi motor untuk menghebatkan alumni lainnya. Al Barakoh Manajemen yang dimiliki Chome sebagai pengusaha property yang sedang membangun beberapa titik perumahan di Langsa, Deli Serdang dan Asahan. Ayam Penyet Bu Hajjah milik orangtuanya juga dimasukan untuk menjadi bagian komunitas alumni yang dulunya sering mangkal di kantin sekolah. Semua sponsor itu terpampang di bagian depan seragam tim.
Dibagian lengan ada Soniaeltha Makeup Artist (MUA) yang dikelola oleh istri dari anggota Ex Libel’s 2008. Alumni yang pernah bekerja sebagai honorer di Dinas Pariwisata Kota Medan memberanikan diri penjadi pengusaha muda dengan mengembangkan usaha Flamboyan Laundry. Sedangkan Syukur tamatan D4 STIPAP malah sedang kegiatan kerelawanan dengan mendirikan Yayasan Tempat Kita Peduli (TKP).
Yayasan Guru Mendunia posisi sponsor logonya berada di punggung bagian bawah. Mengapa Guru Mendunia itu jadi bagian dari seragam tim? Karena Guru Mendunia punya misi kolaborasi dan sinergi untuk saling menguatkan dan menghebatkan sebagai satu kesatuan antar sponsor. Posisi guru dibelakang mengambil peran untuk memberikan dorongan dan arahan serta do’a sebagaimana filosofi Tut Wuri Handayani yang pernah diutarakan oleh Ki Hajar Dewantara.
Posisi sponsor di depan, di samping dan belakang punya peran masing-masing dalam berkontribusi. Bersama untuk maju, sukses dan mendaparkan keberkahan dari ajang silaturahmi ini. Pencetakan full printing seragam ini dimiliki alumni yang punya usaha dibidang jersey olahraga. Melalui seragam futsal dan sepakbola ini sebagai ajang promosi usaha sesama alumni untuk saling hebat menghebatkan. Jadi, jika butuh makanan, burger, pakaian muslimah, bersih-bersih pakaian, kegiatan sosial, paket pulsa, bahkan perumahan bisa saling dukung minimal dapat mempromosikan kepada teman yang lainnya.
Sukses kita, sukses bersama karena kita saling hebat dan menghebatkan.