Belajar Geografi dengan Berguru dari Blog Guru

"Saya guru, berguru pada guru"

Sofyanto

Guru bisa jadi guru karena punya guru. Berguru kepada yang lain tidak akan merendahkan dirinya sebagai guru. Mau berguru bisa mengurangi sikap kesombongan diri dari popularitas. Popularitas itu bisa jadi berkah atau bahkan cobaan dalam hidup seorang guru. Guru yang tak mau berguru lagi sebagai tanda-tanda kehancuran sebagai guru.

Saya sebagai guru terus berguru pada guru senusantara. Berguru mendatangi khusus bersua dan bertatap muka. Cerita dan kesannya akan berbeda berguru secara digital dari karya-karyanya saja. Belum ada kesempatan bersua, berselancar keblognya saja itu sudah luar biasa. Apalagi bisa berjumpa bertatap muka menggali ilmu. Hati dan pikiran bisa menyatu karena satu frekwensi bersama mereka. Saya tetaplah memposisikan sebagai “anak murid” dihadapan mereka. Itulah cara yang dilakukan untuk berguru agar semakin berkah.

#tukangketik

Tindakan “menyedot” file dan ide dari blog guru saya. Pelajari dan kemudian diATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Blog bisa jadi amal jariah penulisnya selayaknya dido’akan agar terus bisa berkarya. Blog bisa jadi referensi untuk menjadi bahan diskusi bukan untuk dicaci maki. Refleksi diri untuk mencari jati diri bukan membenci. Pelajari isi blog, kenali penulisnya bisa berinteraksi sehingga ada reaksi.

  • http://gurugeografi.id
    • Blog ini hasil dari pengembangan http://agnazgeograph.wordpress.com . Agnas Setiawan sebagai seorang guru dan mengaktifkan diri di blog dan youtube. Sebagai konten kreator mengisi blog terkait materi pelajaran geografi kelas X, XI, dan XII SMA/MA. Mengupas juga tentang geowisata, cerita pengalamannya (testimoni), blogging, adsene dan review topik kekinian. Blog ini menjadi satu bagian dari pundi-pundi kekayaannya selaian sebagai guru. Saya banyak berguru dari blog itu.
  • http://andimanwno.wordpress.com
    • Hobi bermain senar bass menjadi kegemarannya. Sejak pandemi Covid-19 sering menelusuri jalanan kawasan DI Yogyakarta bersepeda. Guru Geografi MAN Gunung Kidul ini juga sebagai Ketua Departemen Pengembangan Kompetensi DPP Pendiks Geonusa. Saya berburu dari blog ini selaian pembahasan materi pelajaran dari sudut pandang yang berbeda. Lebih menarik, dapat melihat karya siswa didiknya dan beberapa kisa guru geografi. Kajian menarik buat saya saat berkunjung bisa melihat bagaiamana contoh implementasi metode, pendekatan, strategi pembelajaran dalam menyajikan materi pelajaran. Bersifat aplikatif sehingga bisa di ATM untuk mengajar di sekolah lain. Penulis punya alasan mengapa blognya masih gunakan domain gratis dibandingkan berbayar. Jika dirinya meninggal maka blog gratisan ini akan tetap ada dan bermanfaat. Sedangkan jika berbayar, maka blog ini akan mati selamanya.
  • http://smartgeo.id
    • Blog ini sangat smart dari sisi tampilan dan isi. Konten digital ini dikelola oleh Tuti Rina Lestari seorang guru SMA IT As-Syifa Boarding School Subang. Guru hasil tes STIFIn dengan Thinking Introvert (Ti) ini memfokuskan blognya untuk berbagi dan berbisnis. Konten awalnya berisi membagikan soal-soal pelajaran dan OSN, kemudian bertransformasi membagikan materi, video, perangkat dan materi pelajaran. Terus tumbuh dan berkembang untuk sebagai store untuk menjual produk-produk seperti buku dan alat peraga geografi. Menariknya blog ini dirangkai bukan sekedar berbagi dan sumber referensi belajar bagi siswanya namun sudah dibuat dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh playstore.
  • https://wangsajaya.com/
    • Blog yang ditulis guru SMAN 8 DKI Jakarta banyak diburu sebagai pemateri. Suka berbagi dan menginspirasi. Beberapa postingan poster dan media sosial bermunculan hastag #gurukampungpadurenan dan #geografiberbagi . Begitulah beliau dengan tagline di blog #BerbagiUntukKebaikan dengan berbagi apa yang bisa dibagi. Sebelum menulis berdomain com, beliau banyak berbagi melalui http://wangsajaya.wordpress.com . Selain di dunia perbloggeran, beliau sayang produktif menulis buku di tahun 2021 diantaranya Kopi Tubruk, Kopi Pahit, Kopi Kental, Kopi Jahe, Kopi Susu, Menuju Prestasi Dunia, Komik Pejuang Rupiah, Soal HOTS Geografi dll. Semakin diburu banyak guru geografi. Isi blognya banyak berbagi tautan tentang materi dan soal-soal. Saat ini namanya semakin tenar selain suka berbagi melalui media sosial juga menjadi bagian dari penulis soal AKM di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diamanahkan juga untuk merevisi kurikulum khususnya di mata pelajaran geografi. Alumnus SMAn 8 Jakarta juga dengan almamater S1 dan S2 Universitas Indonesia. Siswa bimbingan meraih prestasi nasional dan internasional dibidang Olimpiade Sains. Menyukai pembimbingan terhadap siswanya untuk masuk di PTN dan PT terkenal internasional lainnya.

Beberapa situs blog guru geografi, dapat menjadi referensi agar kita bisa berguru di sana. Berguru tentang konten dan cara pembuatan blog yang menarik. Mesin pencarian google atau bing terkait geografi akan muncul ini. Menunjukan bahwa SEO blog-blog ini selalu tampil dibagian atas. Coba kunjungi blog di bawah ini untuk memperkaya referensi kita berguru.

Berguru di blog akan memperkaya literasi digital. Mengenal blog dan penulisnya akan semakin memperkuat jalinan sesama guru geografi Indonesia. Terima kasih berguru didunia maya, sehingga silaturahmi terjaga, keilmuaan bertambah.

8 Comments

Leave a Reply