GERAKAN,  KAMPUNG MENDUNIA,  KITA BERBAGI,  OMAH DONDONG

Cakap Digital melalui Kita Berbagi Zoom Gratis

Nyesek mendengar curhatan seorang peserta zoom. Beliau jengkel karena acara selevel Dinas Pendidikan terputus setiap 45 menit. Padahal itu rapat koordinasi. Teman saya itu heran, “Apakah mereka tak punya anggaran itu ya”. Tidak bisa menjawab permasalahan itu karena bukan ranah saya. Jelasnya, mereka orang terpilih, jadi literasi digital levelnya sudah cakap.

Kisah lain diceritakan seorang teman yang punya semangat mengajar secara virtual. Sekolah tidak memiliki akun zoom berbayar, dan tidak memfasilitasi guru tersebut. Bingung jadinya, padahal hanya mau memakai sekali-kali saja dalam pembelajaran dilakukan untuk peserta didiknya. Tuntutan bagi guru untuk melakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atas arahan dan kebijakan sekolah. Jadi piye toh, suruh daring dengan banyak kelas tapi tak difasilitasi sekolah.

Cerita menarik dari seorang peserta sosialiasi kampus digital. Seorang dosen sebagai peserta heran, sedang seriusnya mendengarkan pemaparan. Eh, tiba-tiba “terlempar” kemudian masuk kembali. Faktornya bukan jaringan internet namun ternyata gunakan zoom free (gratis). Jadi kecewa dong “penonton” kegiatannya.

Nah, ini cerita pengalaman pribadi meminjam zoom punya teman. Pernah memakai, aman-aman saja karena beliau punya lembaga profesional yang sering gunakan zoom untuk mendukung kegiatan bisnisnya. Pada kesempatan lain, saya meminjam kembali untuk seorang teman yang ingin membuat kegiatan webinar di daerahnya. Saya atur jadwalnya jauh hari. Namun, alangkah kagetnya karena saat di hari-H pelaksanaan, zoom ternyata terputus-putus setiap 45 menit sekali. Setelah diperiksa akun zoomnya, ternyata sudah lama mati dan belum dibayar. Betapa malunya saya, karena saya sebagai penangung jawabnya untuk zoom tidak bisa melakukan terbaik untuk kegiatan tersebut. Narasumber, peserta merasa kecewa sekali melihat kejadian ini. Pelajaran berharga bagi saya, bagaimana virtual ini sebagai kebutuhan saat pandemi ini.

Sebuah organisasi besar yang saya ikuti, ternyata nama besarnya tidak didukung dengan fasilitas digital. Untuk rapat dan kegiatan saja meminjam kepada pihak ketiga, padahal sewa akun zoom berbayar itu sangat relatif murah. Uang kas banyak, anggota bertebar namun tak memiliki akun zoom sendiri. Bahkan pihak ketiga beberapa menawarkan dengan catatan harus membayar dengan nilai tertentu.

Saya melihat fenomena aneh saja terhadap organisasi/komunitas besar tidak memiliki akun zoom berbayar. Di masa Pandemi Covid-19 begini, kegiatan virtual itu sebagai sebuah kebutuhan untuk berkordinasi, rapat, pelatihan atau webinar. Tapi, apakah saya harus diam saja melihat fenomena ini. Apakah mereka berpikir, jika nanti punya akun berbayar namun jarang dipakai kan sayang karena sudah dibayar dengan uang kas.

Lah, inilah peluang Omah Dondong untuk bisa berpartisipasi di masa PPKM. Bisa menjadi solusi bagi orang-orang dan organisasi/komunitas untuk melakukan PJJ, Webinar, Rapat dan lain-lain dengan meminjamkan akun berbayar zoom premium kepada mereka.

Sebuah impian, dengan meminjamkan zoom ini, semakin banyak orang bisa belajar dan memanfaatkan secara luas untuk pengembangan diri. Membantu untuk saling menginspirasi dan berbagi keilmuan dengan menggunakan zoom tanpa putus-putus. Omah Dondong meminjamkan akun zoom ini sebagai program pertama kali diluncurkan pada 17 Agustus 2021. Akun zoom berbayar bisa digunakan secara gratis di tahap awal bisa digunakan sampai 5 Oktober 2021.

Kita Berbagi melakukan pembayaran kepihak ketiga dari zoom untuk 2 bulan pertama. Kapasitas partisipan 100 orang dengan fasilitas bisa terhubung dengan siaran langsung ke youtube dan facebook. Co-host bisa sampai 99 partisipan dan tak terbatas waktu. Jadi banyak partisipan bisa share creen sehingga lebih interaktif berzoom ria.

Semenjak diluncurkan sampai saat ini, sudah beberapa yang memanfaatkan zoom dari Omah Dondong. Diantaranya Dosen UINSU untuk mendukung kegiatan akademik secara virtual. Guru di Jawa Barat untuk pembelajaran karena zoom sekelolah sudah habis masa berlakunya. Guru di Sumatera Selatan untuk kegiatan pembelajaran di pagi hari.

Sekolah di Sumatera Utara menggunakan zoom untuk kegiatan rapat bulan. Bahkan beberapa hari kedepan, ada agenda yang sudah dijadwalkan untuk webinar, pembelajaran, pelatihan dan lain-lain. Semoga fasilitas zoom ini bisa bermanfaat dan donatur kami mendapatkan kebahagiaan atas sumbangsinya karena sudah dipakai.

Kita Berbagi banyak cara agar semakin berkah. Contoh aksi ini untuk meningkatkan literasi digital kita sebagai masyarakat Indonesia semakin Cakap Digital.

Indonesia Mendunia!

Sofyanto

Orang Kampung Mendunia. IG/Youtube: sofyanto.id Email: sofyanto15.st@gmail.com

2 Komentar

  • Avatar

    Indri

    Mantab betul Pak Sofyanto ini melihat dengan jeli kebutuhan khalayak ramai saat ini..sehingga semakin banyak yg terbantu…
    Maju terus buat Pak Sofyanto dan Omah Dondong…semoga program ini terus bisa terlaksana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *