GEOGRAFI,  GEOGRAFI BISA,  GURU

Gugelar Guru Istimewa untuk Membumikan Geografi Indonesia

Gagasan menarik segera dieksekusi. Mendapat inspirasi dari orang lain berbuat namun tak membumi. Ide liar dalam teori, dimodifikasi untuk menjadi aksi. Menggerakan orang lain untuk mewujudkan mimpi.

Berawal dari program Guru Tamu yang diselenggarakan Geografi Bisa. Menghadirkan berbagai guru dengan latar berbeda dengan moda daring disuasana Pandemi Covid-19 bagi kelas-kelas yang merindukan suasana berbeda. Gerakan dimulai dari Sumatera Utara, beberapa kelas berjalan dengan menghadirkan beberapa guru tamu dari berbagai daerah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan daerah lainnya.

Gerakan ini banyak orang tertarik dan siswa yang belajar juga semakin termotivasi. Kehadiran meningkat karena mendapatkan hal baru dari guru yang berbeda. Membumi gerakan guru tamu, pada sebuah kesempatan gagasan ini ditawarkan kepada Perkumpulan Pendidik Sains Geografi Nusantara (Pendiks Geonusa). Ide diterima dengan berbagai perbaikan dalam pola pelaksanaan dan persiapan untuk guru yang akan hadir di kelas-kelas pilihan.

“Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah”

Ki Hajar Dewantara

Guru Bangsa, Ki Hajar Dewantara dalam penyampaiannya menyatakan bahwa “Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.” Sebuah pernyataan pada awal abad 20 dari pengalaman beliau untuk bisa diterapkan pada saat ini. Bahwa, siapapun latar belakang seseorang dapat dijadikan guru bagi kehidupan kita bersama. Ada sisi baik yang bisa diambil menjadi sebuah pembelajaran. Begitu pula, bahwa rumah dimanapun dapat dijadikan sekolah agar bisa belajar sepanjang hayat. Di masa pandemi Covid-19, ruang kelas di sekolah tertutup dan pembelajaran tatap muka sebagian ditiadakan. Ruang kelas seperti zoom, meet, teams dan lain-lain menjadi rumah yang lebih luas dan bisa belajar. Menjadikan perubahan paradigma bahwa rumah di ruang-ruang virtual menjadi sekolah yang menarik.

Terkadang ruang-ruang itu menjadi sepi karena ada ruang hampa. Sebagian, kehadiran guru yang sekedar mengajar menghabiskan kewajibannya sebagai guru sekolah. Anak-anak didik mulai meninggalkan ruang-ruang itu karena titik kejenuhan dan kreativitas mulai memudar. Perlu variasi mengelola ruang-ruang menjadi rumah menarik untuk bersekolah. Kehadiran sosok orang lain akan dapat berpengaruh besar dalam perubahan rumah bagi anak-anak membangkitkan motivasi, semangat dan mengejar mimpi-mimpi mereka.

Pendiks Geonusa, mewadai guru yang ingin menghadirkan guru-guru dari luar kebiasaan. Mengubah suasana ruang itu menjadi menyenangkan dan bermakna. Mengubah gerakan secara terorganisir agar semakin banyak dinikmati anak-anak Indonesia. Membumikan geografi untuk memajukan masyarakat Indonesia. Mewujudkan Generasi Emas 2045 sebagai kado indah 100 tahun Indonesia Merdeka.

GUGELAR (Guru Geografi Belajar) sebagai suatu program bagi guru geografi Indonesia. Melakukan pelatihan pemembinaan kepada Calon Guru Istimewa sebelum turun ke berbagai Sekolah Istimewa. Peserta dipersiapkan untuk belajar , menyamakan persepsi dan mewujudkan bersama membumikan geografi Indonesia. Melalui ruang-ruang kelas virtual dilakukan. Guru Istimewa hadir berkolaborasi dengan guru lain untuk berbagai , mengajar membantu anak-anak Indonesia meraih mimpi dan cita-citanya.

GUGELAR semakin tersistematis dan terencana, peserta akan termotivasi untuk berkarya. Penugasan akan menjadi mudah karena ada contoh-contohnya diberikan narasumbernya. Peserta pelatihan dapat mudah belajar dimana saja. Mengunduh dan mengklik tautan di bawah sebagai rangkaian pembahasan materi Guru Istimewa. Gugelar di WhatsApp Group (WAG) Pendiks Geonusa bergerak membekali mereka sehingga menjadi Guru Istimewa seutuhnya. Berisi video tutorial, aplikasi dan bahan materi untuk dipelajari bersama dan mendiskusikannya. Silakan dilihat dan diunduh sesuai kebutuhan saja.

Belajar dapat di mana dan kepada siapa saja. Karena setiap manusia punya keunggulan dan kelemahan masing-masing dari mereka. Mengoptimalkan kemampuan kompetensi sehingga bisa berbagi dan menginspirasi semua. Menjadi manusia istimewa bermanfaat bagi kemajuan bangsa, agama dan negara. Hiduplah Indonesia Raya.

Pendiks Geonusa, Membumikan Geografi Indonesia.
Sofyanto

Orang Kampung Mendunia. IG/Youtube: sofyanto.id Email: sofyanto15.st@gmail.com

14 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *