GEOGRAFI,  GEOGRAFI BISA,  GURU

Contoh LKPD Geografi pada Moda Daring – Luring & Kombinasi

“Semakin aku banyak membaca, semakin aku banyak berpikir; semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apa pun”

Voltaire (Penulis dan filsuf РPerancis 1694-1778)

Kewalahan guru saat ini mengatasi peserta didik yang lemah literasi dasarnya. Peryataannya jika dibalik, apakah guru lemah literasi dasar? Kita harus bersyukur jika Bapak/Ibu guru memiliki literasi dasar, teknologi atau geografi lebih baik dari peserta didik. Kemampuan ini akan mendukung dan dapat memompa peserta didik untuk mengembangkan literasi. Literasi dasar penting menjadi bagian dari proses pembelajaran yang dijalankan.

Seorang penulis dan Filsuf Pransic Voltaire (1694-1778) menyatakan bahwa “Semakin banyak membaca, semakin aku berpikir: semakin aku banyak belajar, semakin aku sadar bahwa aku tak mengetahui apapun”. Rasa syukur kita sebagai manusia masih punya niat dan kesempatan untuk belajar. Dengan membaca dan ada bahan/referensi untuk dibaca secara digital ataupun manual sehingga literasi terus terasa untuk kebutuhan sendiri dan berbagi kepada orang lain.

Suatu kebahagian, karena Anda saat ini mendapatkan halaman http://sofyanto.id dari google atau tautan lainnya dari triliunan unggahan yang ada. Sebagai indikasi bahwa literasi yang dimiliki Anda sangat keren dan mau belajar kepada siapapun. Nantinya kita bisa lebih serius untuk berdiskusi bersama lebih lanjut di forum yang ada.

Dimasa pandemi Covid-19 atau kondisi normal, proses pembelajaran berbeda dalam modanya. Si bencana Covid-19 memaksa kita bersama untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kepada sebagain sekolah di Indonesia. Sebagian besar pula, moda PJJ sangat jarang dilakukan di negeri sehinga siap tak siap ya harus dilakukan. Melakukan moda daring murni atau luring bahkan mengkombinasikannya.

PJJ dengan moda daring bisa dijadikan sebagai pengantar dalam proses pembelajaran. Sedangkan luring dapat diterapkan untuk menguatkan proses sebagai pembelajaran yang otentik. Proses itu akan lebih bermakna dan berkesinambungan karena sesuai akan ada proses melibatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai tujuan pembelajaran yang terpadu. Dengan PJJ, moda kombinasi daring dan luring akan mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran yang dilakukan guru. Untuk mengoptimalkan luring, maka peserta didik dapat melakukannya dengan berkegiatan sesuai panduan saat daring dilakukan.

Setelah berdaring, maka peserta didik menuntaskannya dengan mengerjakan LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik) atau LKS (Lembar Kegiatan Siswa) yang sudah disusun gurunya. Proses penyelesaian LKPD ini waktu disesuaikan dengan kondisi, karakteristik dan kebijakan sekolah. Penyesuaian perlu dilakukan guru sehingga peserta didik akan mendapatkan proses penguatan sikap dan keterampilan. LKPD tidak bukan sebuah penilaian tapi merupakan bagian dari proses pembelajaran dalam yang tertuang pada RPP.

Beberapa contoh LKPD/LKS dapat Anda unduh sebagai referensi untuk melakukan PJJ dengan moda daring / luring / kombinasi. Silakan unduh dengan mengklik tautan di bawah ini. Jika ada masalah atau tanggapan, silakan kirim pada kolom komentar.

Terima kasih atas kunjungan di halaman situs ini. File lebih keren jika ada direvisi kembali dan Anda sebar ke guru geogafi lainnya. #GeografiBisa 
Sofyanto

Orang Kampung Mendunia. IG/Youtube: sofyanto.id Email: sofyanto15.st@gmail.com

29 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *