GURU,  PROFESI,  TOKOH

10 YouTuber Sumatera Utara berstatus Guru/Dosen

“Anak-anak, kalau sudah besar dan selesai sekolah, mau jadi apa?” Pertanyaan seorang guru kepada anak didiknya di ruang kelas berdinding setengah beton dan berjaring-jaring kawat. Sebuah sekolah di perkampungan yang jauh dari setuhan fasilitas pembangunan seperti perkotaan.

Anak-anak dengan cerianya menjawab pertanyaan guru karena mereka punya mimpi. Orang kampung punya mimpi-mimpi mulia yang ingin dicapainya. Beragam jawaban dari mereka satu persatu diungkapkan dengan alasan masing-masing. Jawaban spontanitas terucap dari beberapa anak yang punya mimpi besar.

“Saya mau jadi polisi karena penegak kebenaran.” Ungkap anak yang duduk sudut paling belakang. Anak laki-laki yang berdiri dekat jendela menyela, “saya jadi mantri saja agar bisa obati orang-orang sakit. Semua anak-anak menjawab berbagai profesi dan jawaban. Ada anak perempuan yang cerdas dan pendiam duduk di dekat meja guru berbicara dikeheningan kelas. “Saya mau jadi guru saja seperti bapak.” Ungkapan mengagetkan seorang guru jawaban si anak. Si anak beralasan agar orang-orang dikampung agar cerdas sehingga bisa menjadi pemimpin daerah yang memajukan kampung halamannya. Pernyataan ini membuat anak-anak ini kaget melihat anak yang sering diam dan bercita-cita mulia.

Cerita fiktif di atas sebagai gambaran, bahwa permasalahan yang ada disekitarnya karena faktor kepemimpinan di daerah yang tidak memperhatikan pembangunan di perkampungan khususnya di bidang sumber daya manusianya. Sebuah hikmah bisa diambil dari cerita tersebut, bahwa ada anak-anak yang bercita-cita jadi guru yang bisa mencerdaskan orang yang disekelilingnya. Mimpi mulia tersebut harus diwujudkan bagi anak-anak Indonesia khususnya menjadi guru. Semoga banyak orang-orang cerdas dan beratitude baik menjadi guru.

“Guru sebagai profesi mulia dan menjadikan Youtuber sebagai ruang eksistensi dan ekpresi pengembangan diri di era digital”

Menjadi guru sebagai profesi mulia saat ini lebih kompetitif untuk meraihnya. Persaingan dan peningkatan kesejahteraan sangat menggiurkan bagi orang-orang yang punya mimpi dan bekerja. Di dunia digital saat ini sebagai eranya Abad 21, profesi yang mulia ini dibutuhkan kreativitas yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Dunia digital sangat dekat dengan dunia guru karena ruang-ruang inspiratif akan muncul bagi anak-anak. Untuk itulah guru-guru terus mengeksiskan diri dan mengekpresikan apa yang dimilikinya.

Mengeksiskan diri dan ekpresi dapat dilakukan berbagai media digital termasuk youtube. Melalui kreativitas yang dikembangkan di konten youtube maka guru lebih luas dikenal dan lebih banyak menjangkau kebermanfaatan bagi orang lain di luar kelas-kelas yang diajarnya. Saat ini, beberapa guru di Sumatera Utara mengembangkan konten kreatornya di beberapa channel youtube pribadi.

Inilah 10 guru di Sumatera Utara yang punya subcribe banyak dan beberapa sudah menghasilkan pendapatan dari konten youtube yang dikembangkannya. Selain konten bidang pendidikan juga beberapa konten kegiatan dan inspiratif lainnya menjadi andalannya.

Yusrizal Panjaitan

Menjadi guru Teknik Elektro di SMKN 2 Tanjung Balai selalu kreatif sejak menjadi mahasiswa. MAPALA Unimed mendidiknya menjadi kreatif sampai saat ini. Mengelola blog pribadi juga sehingga mengantarkannya sebagai penerima Penghargaan Acer Guraru tahun 2012. Nama akun Guru NgeVlog menarik karena isinya beragam. Selain pembelajaran di SMK juga diisi kegiatan religius sebagai jamaah tablig, traveling. Subcriber saja 87,2 ribu pertanggal 14 Januari 2019. Berapakah penghasilannya? Tanya saja sendiri sama guru yang punya jenggot dan gaul sebagai guru dalam menjalankan kehidupan sosialnya.

Taufik Hidayat

Guru sejarah di SMAN 6 Binjai berstatus guru PNS juga mengembangkan dirinya pada konten-konten digital kreatif yang kekinian. Mendirikan Binjai Young Stars sehingga menjadi owner dari BYS. Isi kontennya bukan tentang pembelajaran tapi tentang kehidupan pelajar dan remaja saat ini khususnya di Kota Binjai. Berkolaborasi dengan siswa dan alumni yang pernah diajarnya, menjadikan kontennya semakin menarik. Dilihat dari subcriber saja sudah 1,51 ribu. Wau, pelan tapi nyata melakukannya. Itulah Orang Binjai terus berkarya.

Jibang Pardamean Hutagaol

Channel youtubenya banyak ditonton oleh banyak kalangan khususnya pelajar. Kontennya berisi berbagai informasi dan aktivitasnya sebagai guru dan tentor. Ruang Para Bintang menjadi nama akun guru Bapak Jibang Pardamean Hutagaol. Jalan-jalan menyelusuri lokasi yang menarik, memberikan informasi tentang berbagai soal dan pembahasan, kegiatan olimpiade bahkan menjadi “panggung” bagi siswa untuk menunjukan kemampuan bakatnya masing-masing. Totalitas menjadikannya guru, tentor serta “pembuat panggung” menjadi incaran siswanya untuk belajar berlama-lama di sekolah dan bimbingan yang dikelolanya.

Syukri Lukman

Memiliki channel khusus pembahasan soal-soal Matematika tingkat tinggi. Bagi pengegmarnya yang saat ini mencapai 2,88 ribu menunggu pembahasan soal yang begitu sulit untuk menyelesaikan soal olimpiade sains matematika dari pengelola akun bernama Syukri Lukman. Soal dan pembahasan SBMPTN, TPA dan beberapa soal matematika begitu asyik dan mudah difahami oleh penontonnya. Sukri go
sebagai nama akun begitu fenomenal di Sumatera Utara khususnya bagi guru Matematika. Usahanya memperkenalkan matematika lebih mudah untuk difahami melalui pengembangan konten youtubenya. Aktif sebagai guru di SMA Plus Sedayu Nusantara dan SMA Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan. Pelatih bidang olimpiade sains matematika dari berbagai daerah di Indonesia. Pengalamannya sebagai Pemateri di Jaringan Matematika Nusantara dan Finalis OGN Matematika tahun 2017 dan 2018.

Ahmad Nawawi Lubis

Melalui akun Ahmad Nawawi Lubis , pada saat ini mempunyai 1,02 k subcriber. Kontennya berisi tentang mata pelajaran kimia dan mulai memasukan beberapa aktivitas lucu dan menarik dari 2 anak laki-lakinya . Guru di SMAN 4 Tebing Tinggi yang menjaga kondisi fisiknya dengan kegiatan ngegym. Kegiatan tambahan sebagai tentor GO untuk “menjaga kecerdasaan dan nama pendapatan bulanan” yang dirintisnya sejak menjadi mahasiswa. Mendapatkan amanah sebagai Pengurus MGMP/AGKI Sumatera Utara dan Sekretaris Ikatan Guru Indonesia (IGI) Serdang Bedagai menambah kemulian guru lebih bermanfaat bagi yang lainnya.

Ahmad Isnaini

Isi konten berisi tentang soal-soal matematika dan pembahasannya. Mulai materi mata pelajaran di kelas juga tentang materi tingkat olimpiade sains khususnya matematika. Makanya naman akunya ada kata ‘math” disana. Nama akun airynmath sebagai akun yang sudah beberapa kali dikembangkan. Profile akunnya saja menggambarkan tentang rumus dan angka-angka yang terkait dunia matematika. Guru di Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan ini sudah beberapa kali mendampingi siswanya berkompetisi olimpiade matematika di tingkat nasional dan internasional. Meraih medali Perak OGN 2018 untuk Matematika melejitkan namanya di kancah guru matematika nasional. Prestasi dan bakatnya menjadikannya banyak diminati oleh banyak sekolah, bimbingan belajar dan siswa untuk diajarnya.

Reikson Panjaitan

Guru swasta yang memperjuangkan diri dan teman-temannya untuk mendapatkan status CPNS secara legal karena kesalahan administrasi yang dilakukan panitia Seleksi CPNS 2018. Kesukaannya pada matematika membuatnya konten youtube pribadi Reikson Panjaitan untuk berbagi kepada lainnya. Membangun channel sebagai sebuah kelas digital bagi orang-orang yang ingin belajar tentang matematika untuk tingkat SMP ataupun SMA. Subcriber b4ngrp saat ini 2,81 rb. Keren kan melihat banyaknya pengikut Bapak Guru Reikson Panjaitan

Habibi

Banyak ditonton oleh guru dan siswa karena Praktikum Habibi Sederhana menjadi nama akun yang dikembangkan di Youtube. Kegiatan praktikum sederhana inilah dianggap penontonnya lebih natural sehingga sampai saat diikuti hampir 1K subcriber.

Herbert C.B. Manalu

Dengan nama HerbertCBManalu menjadikannya sebagai guru Sumatera Utara yang ingin berekpresi dengan statusnya sebagai guru. Pengembangan kegiatan yang menarik sehingga terus belajar mengembangkan konten kreatif agar diterima oleh berbagai kalangan. Kimia sebagai sesuatu yang menarik dan menantang untuk dikembangkan dalam bentuk digital. Tutorial sederhana melalui animasi membuat akun ini jadi incaran siswa bahkan guru untuk belajar melalui dunia digital.

Dede Prabowo Wiguna

Berstatus Dosen di STMIK Medan, Dede Prabowo Wiguna mengembangkan akun Youtube Ruang Dosen Kreatif. Sebagai ruang tutorial mata kuliah dan wawancarai inspiratif dari beberapa tokoh yang diangkatnya sebagai isi dari konten tersebut. Alumni dari Universitas Indonesia ini berkolaborasi dalam proses editing dan perekaman bersama mahasiswa bimbingan di kampusnya. Ketua Asosiasi Peneliti Sumatera Utara (APSU) yang aktif dikegiatan pengabdian dan penelitian dosen di kampusnya, membuatnya terus berkarya dengan kemampuan yang dimilikinya. Status dosennya memberikan ruang lebih besar untuk berekpresi dan menuangkan ide-idenya membantu orang untuk lebih memahami materi perkuliahan khususnya statistika, metodologi penelitian dan mata kuliah lainnya.

Guru-guru di Sumatera Utara berusaha menjadi guru digital kreatif sesuai eranya sehingga ruang-ruang belajar di sekolah tidak terbatas. Inilah kelas mendunia bagi guru yang dapat menjangkau lebih banyak orang.

Subcribe akunnya guru berarti Anda ikut membantu menjaga eksistensi dan ekpresi guru khususnya di Sumatera Utara. Inilah versi Orang Kampung yang bisa dituliskan sehingga guru digital kreatif dengan channel youtubenya dapat mendunia.

Orang Kampung Mendunia. IG/Youtube: sofyanto.id Email: sofyanto15.st@gmail.com

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *